Bidang Peningkatan Kualitas Akademik

Bidang Peningkatan Kualitas Akademik


SMAN 93

Thursday, June 16, 2011

Hore...Peserta UMB-PT Bisa Pilih 7 Jurusan!

JAKARTA, KOMPAS.com - Ujian masuk bersama perguruan tinggi (UMB-PT) tahun ini nampaknya akan bisa menjadi alternatif pilihan. Setidaknya, menjadi pilihan kedua setelah gagal lolos seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Pasalnya, tahun ini para peserta UMB-PT dapat memilih tujuh program sekaligus di tujuh perguruan tinggi negeri dan swasta (PTN dan PTS).

"Seperti yang saya katakan, UMB-PT itu untuk melengkapi. Saya yakin, karena ada ratusan ribu calon mahasiswa yang tidak lolos SNMPTN," kata Ketua Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara (P-SPMBN), Asman Boedisantoso kepada para wartawan, Kamis (16/6/2011), di Jakarta.

Peserta UMB-PT, dibagi ke dalam dua kelompok ujian dan dipecah menjadi beberapa jenis kategori biaya. Jenis pertama, untuk kelompok ujian IPA dan IPS, peserta dikenakan biaya pendaftaran Rp 275 rbu sampai Rp 375 ribu.

Jenis kedua, peserta yang memilih kelompok ujian IPC (IPA dan IPS) dikenakan biaya pendaftaran mulai dari Rp 300 ribu sampai Rp 400 ribu. Para peserta UMB-PT dapat memilih lima sampai tujuh program studi baik di PTN maupun di PTS.

Untuk pendaftaranya, UMB-PT dapat diakses melalui www.spmb.or.id atau www.penerimaan.spmb.or.id/umb/utama mulai tanggal 1 Juli sampai pukul 24.00 tanggal 7 Juli 2011, dan hasil UMB-PT akan diumumkan mulai pukul 18.00 pada 17 Juli melalui http://penerimaan.spmb.or.id. Ujian sendiri dilaksanakan pada 9 Juli 2011.


No comments:

Post a Comment