Bidang Peningkatan Kualitas Akademik

Bidang Peningkatan Kualitas Akademik


SMAN 93

Friday, January 14, 2011

SIMAK UI Juga Dilaksanakan Usai SNMPTN

Chazizah Gusnita - detikNews

Jakarta - Pendaftaran Seleksi Masuk (SIMAK) UI untuk program pascasarjana telah dibuka. Sedangkan untuk program sarjana akan dilaksanakan setelah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sesuai Permendiknas No 34/2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana.

"SIMAK UI itu kan dari D3 sampai S3. Tapi yang paling menyorot perhatian yang S1. Nah kita yang dibuka sekarang itu baru pascasarjananya. Untuk S1 nya nanti akan digelar setelah ujian nasional SNMPTN," ujar Sekretaris Rektor UI Devie Rahmawati saat dihubungi detikcom, Jumat (14/1/2011).

Devie mengatakan, SIMAK UI berbeda dengan jalur mandiri. Biaya pendidikan SIMAK UI sama dengan biaya mahasiswa yang lolos SNMPTN. Biaya masing-masing mahasiswa berbeda sesuai kemampuan ekonominya.

"Jadi nggak seperti kalau jalur mandiri itu dibilang biayanya lebih besar dari ujian nasional. Oh nggak. UI itu satu-satunya universitas yang memberikan biaya sesuai kemampuan siswanya. Lengkapnya ada di situs kita," ujarnya.

Menurut Devie, ada banyak cara untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri. Mahasiswa bisa ikut ujian nasional yang terdiri ujian undangan atau biasa dikenal dengan PMDK (penelusuran minat dan kemampuan) dan ujian tertulis yakni SNMPTN. Selain itu, ada ujian mandiri dari masing-masing universitas. Kemudian ada ujian undangan lagi yang diselenggarakan dari masing-masing universitas.

"Tahun ini pintu masuk untuk ke PTN itu banyak. Ada ujian nasional, ujian mandiri kalau di kita lebih dikenal dengan SIMAK UI dan ada ujian undangan dari masing-masing universitas," jelasnya.

UI sendiri, lanjut Devie, juga membuka ujian bagi pelajar yang berprestasi di bidang tertentu seperti olahraga, seni, keilmuan. "Jadi misalnya dia sudah punya prestasi di bidang tertentu bisa masuk UI juga. Kita ada ujiannya," ungkapnya.

Seleksi penerimaan mahasiswa di UI untuk SNMPTN sesuai dengan aturan pemerintah yakni sebesar 60 persen. Sisanya 40 persen penerimaan melalui jalur lainnya.

"Kita ini menurut aturan pemerintah 60 persen melalui seleksi nasional. Sisanya ada ujian undangan dan SIMAK UI," tandasnya.

Dalam situs UI disebutkan aneka cara untuk masuk UI yaitu lewat program PPKB  (Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar) atau PMDK; UMB (Ujian Masuk Bersama) adalah seleksi ujian masuk yang diselenggarakan oleh Perhimpunan SPMB Nusantara; SNMTN,  SNMPTN, Kelas Internasional,  Program Kerja Sama Daerah dan Industri (KSDI), Program Olimpiade Sains dan Program Atlet Berprestasi.

Permendiknas No 34/2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana dirilis pada November 2010. Peraturan ini mewajibkan SMNPTN menerima minimal 60 persen mahasiswa baru, sedangkan sebelumnya tidak ada pengaturan kuota. Akibatnya banyak PTN yang menerima mahasiswa lewat SMNPTN hingga 5 persen, sisanya lewat jalur yang lebih mahal. Permendiknas juga mengatur ujian mandiri dilakukan setelah SMNPTN, sebelumnya ujian mandiri boleh dilakukan sebelum seleksi nasional tersebut. SMNPTN digelar pada Mei dan Juni nanti.

(gus/nrl)

No comments:

Post a Comment