Bidang Peningkatan Kualitas Akademik

Bidang Peningkatan Kualitas Akademik


SMAN 93

Tuesday, October 12, 2010

Tiga strategi berbeda yg dirancang komite sekolah SMAN 93 untuk mencapai tujuan 100 persen lulus UAN

Bahwa realitas pencapaian nilai akademis siswa yang beragam maka dirasa perlu adanya tiga strategi yang berbeda supaya tujuan 100 persen kelulusan UAN bisa dicapai.

Khusus untuk kelompok siswa dengan pencapaian nilai terbawah (kelompok C) maka strategi untuk menghadapi UAN adalah lebih difokuskan untuk memenuhi syarat standard minimal lulus UAN.

Sementara untuk siswa yg pencapaian nilainya berada ditengah (kelompok B), maka bimbingan belajar akan lebih diarahkan untuk meningkatkan potensi yg sudah ada supaya diperoleh nilai yang lebih tinggi lagi. Atau dengan kata lain strateginya adalah meningkatkan perolehan nilai rata-rata UAN.

Lalu untuk siswa dengan pencapaian nilai tertinggi (kelompok A) maka strategi bimbingan belajar adalah mendorong mereka supaya bisa memperoleh nilai yang tinggi dan memenuhi syarat diterima di Perguruan Tinggi Negri favorit, misalnya dengan memberikan bimbingan belajar oleh alumni yg sudah masuk perguruan tinggi negri misalnya alumni UI, ITB, IPB, Gajahmada dsb. Tentunya perlu digabungkan dengan psikotest supaya nanti bisa diketahui jurusan mana yg cocok bagi mereka.

No comments:

Post a Comment